INTREND.ID Menjangkau wawasan baru

Kabar Duka Ridwan Saidi Meninggal di Usia 80 Tahun

INTREND.ID – Budayawan Betawi yang juga pemikir sosial kemasyarakatan Ridwan Saidi meninggal dunia, Minggu, 25 Desember 2022.

Ridwan Saidi meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah atau RSPI Bintaro Tangerang Selatan pada pukul 08.35 WIB.

Ridwan Saidi meninggal usai mengalami koma karena pembuluh darah di batang otaknya pecah.

Sebelum Ridwan Saidi meninggal, dirinya menjalani perawatan sejak Jumat 23 Desember 2022 akibat pecah pembuluh darah.

Kabar duka tersebut disampaikan melalui akun Twitter Anies Baswedan, Minggu 25 Desember 2022.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita atas wafatnya Babeh Ridwan Saidi, seorang aktivis, sejarawan dan budayawan Betawi yang kita banggakan. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, serta mengampuni semua khilaf beliau. Al-Fatihah,” demikian tulis Anies Baswedan.

Menurut Anies Baswedan, Ridwan Saidi merupakan salah satu putra terbaik Betawi yang telah berdedikasi terhadap perkembangan dan pelestarian budaya, khususnya budaya Betawi.

Simak:  Korban Gempa Cianjur Yang Meninggal Sudah 310 Orang Getaran Susulan 248 Kali

“Kita di Jakarta merasa kehilangan salah seorang putra Betawi yang selama ini menghibahkan waktunya, energinya, hidupnya untuk pelestarian budaya Betawi,” tulis Anies.

Tokoh nasional Ridwan Saidi seringkali muncul di ruang publik dengan panggilan Babe Ridwan.

Ucapan duka juga datang dari Menko Polhukam Mahfud MD. Melalui akun Twitter miliknya, @mohmahfudmd, Mahfud MD mengucapkan duka atas meninggalnya Ridwan Saidi.

Selain itu, Mahfud MD menuliskan peran Ridwan Saidi pada masa Orde Baru yang dinilai kritis terhadap penguasa.

“Inna lillah wa inna ilaihi raji’un, Selamat jalan Bang Ridwan Saidi. Budayawan yang kritis dgn argumentasi berbasis data. Pertengahan 1980-an Bang Ridwan sangat menginsprirasi para aktivis krn sbg anggota DPR sangat vokal, berani mengritik keras Pemerintahan Suharto dan Golkar.”

“Selamat jalan Bang Ridwan Saidi. Innalillahi wainnailaihi raajiun. Kabar dari putra-putri beliau Bang Ridwan Saidi telah wafat pagi ini jam 08.35 WIB di RSPI Bintaro. Insya Allah husnul khotimah. Bang RS seorangg teman diskusi yang luar biasa, wawasan dan pengalamannya luas. Al Fatihah,” tulis Anggota DPR Fadli Zon melalui akun Twitter resminya.

Simak:  Karim Benzema dan Alexia Putellas Terima Ballon d'Or 2022

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menyampaikan duka cita mengatakan, Ridwan Saidi merupakan sosok ensiklopedia hidup yang bisa menceritakan banyak hal terkait sejarah bangsa.

Ahmad Muzani pun melayat almarhum di rumah duka. Ahmad Muzani menyatakan sangat kehilangan dengan sosok Ridwan Saidi.

“Beliau begitu banyak memberikan kesaksian tentang berbagai macam sejarah yang terjadi pada bangsa Indonesia dan umat Islam dari berbagai macam sisi,” ujar Muzani di rumah duka, Minggu.

Ridwan Saidi pernah menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 1974-1976.

Ridwan Saidi diketahui merupakan pria kelahiran 2 Juli 1942. ***

Baca Artikel lainnya di Google News INTREND.ID

Tinggalkan komentar