INTREND Siber

Daftar 5 Tokoh Indonesia Yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional 2022

INTREND.ID – Pemerintah RI pada Tahun 2022 ini menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 tokoh yang ikut merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional ini rutin dilaksanakan setiap menjelang Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November.

Kelima nama tokoh tersebut diusulkan mendapat gelar Pahlawan Nasional dari berbagai daerah.

Penentuan penerima gelar Pahlawan Nasional kepada 5 tokoh tersebut setelah diteliti jejak peran juangnya, diseminarilmiahkan posisi sejarahnya, hingga ditetapkan sebagai pahlawan.

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan kelima nama tokoh yang menerima gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2022.

“Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara, yaitu Dr. dr. H. R. Soeharto dari Provinsi Jawa Tengah, KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta, kemudian dr. R Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat, dan H. Salahuddin bin Talabuddin dari Provinsi Maluku Utara, serta K.H. Ahmad Sanusi dari Provinsi Jawa Barat,” kata Presiden Joko Widodo melalui pernyataan resmi melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin 7 November 2022.

Penganugerahan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 96/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 3 November 2022.

Penganugerahan tersebut dihadiri oleh para ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili para penerima gelar dan penghargaan di Istana Negara.

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo diikuti tamu undangan lainnya kepada para ahli waris penerima gelar Pahlawan Nasional Tahun 2022.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. ***

Baca Artikel lainnya di Google News.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status