INTREND Siber

Gempa M4,6 Guncang Batang Kerusakan di Sejumlah Bangunan

INTREND.ID – Gempa bumi berkekuatan M4,6 mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Minggu 7 Juli 2024, pukul 14.35 WIB. Guncangan yang dirasakan cukup kuat oleh warga setempat menyebabkan kepanikan dan kerusakan di beberapa bangunan.

Informasi Awal dari BMKG

Berdasarkan laporan awal yang dikutip dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, pusat gempa berada 6 km Barat Daya Batang dengan kedalaman 10 km.

“#Gempa Mag:4.6, 07-Jul-2024 14:35:25WIB, Lok:6.97LS, 109.72BT (6 km BaratDaya BATANG-JATENG), Kedlmn:10 Km #BMKG,” tulis @InfoBMKG.

Namun, dalam laporan resmi yang dirilis kemudian melalui laman resmi BMKG, disebutkan bahwa gempa bumi Batang berkekuatan M4,4 dengan pusat gempa berada di darat 5 km Timur Laut Batang dan kedalaman 6 km.

Gempa ini dirasakan dengan intensitas yang bervariasi di beberapa daerah. Menurut Skala Intensitas Guncangan (MMI) yang dirilis BMKG, gempa dirasakan dengan intensitas:
– III MMI di Batang dan Pekalongan
– II MMI di Kendal, Jawa Tengah

Kerusakan yang Dilaporkan

Meskipun tergolong gempa berkekuatan sedang, guncangan yang terjadi ternyata menimbulkan beberapa kerusakan di sejumlah bangunan. Berdasarkan laporan yang beredar di media sosial dan konfirmasi dari pihak berwenang, beberapa kerusakan yang tercatat antara lain:

1. Ambruknya langit-langit ruang kelas di SMP Negeri 7 Batang
Sebuah video yang diunggah oleh akun X @InfoBatang memperlihatkan kondisi ruang kelas yang porak poranda akibat runtuhnya langit-langit. Puing-puing berserakan di lantai kelas, menunjukkan betapa kuatnya guncangan yang terjadi.

2. Kerusakan di gerai Alfamart Alun-alun Batang
Video lain yang dibagikan oleh akun yang sama menunjukkan kondisi sebuah gerai Alfamart yang berantakan. Barang-barang dagangan berserakan di lantai, sementara beberapa rak terlihat miring atau terjatuh.

3. Kerusakan di Masjid Agung Batang
Puing-puing dilaporkan berserakan di halaman Masjid Agung Batang. Beberapa kaca jendela masjid juga dilaporkan pecah akibat guncangan.

4. Kerusakan di Gedung Multiguna Aisyiyah Muhammadiyah
Beberapa kerusakan struktural dilaporkan terjadi di Gedung Multiguna Aisyiyah Muhammadiyah, meskipun detil kerusakannya belum diketahui secara pasti.

5. Kerusakan rumah warga di Desa Kauman Batang
Sejumlah rumah warga di Desa Kauman Batang, yang berlokasi dekat dengan pusat gempa, dilaporkan mengalami kerusakan pada bagian atap dan tembok. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status