INTREND Value

Pandawara Group Sukses Ajak Ribuan Orang Bersihkan Pantai Kotor di Lampung

Ribuan warga bersama Pandawara Group ikut membantu membersihkan pantai kotor di Lampung. Jumlahnya lebih dari 1500 orang.

Pandawara Group mengklaim jumlah yang hadir berdasarkan laporan aparat kepolisian, mencapai 3700 orang turun dalam kegiatan bersih sampah.

“3.700 orang (-+) total yang hadir di lokasi tadi menurut laporan pihak kepolisian, ini rekor gaa sih di Indonesia?” tulis Pandawa Group di akun Instagramnya, Senin 10 Juli 2023.

Bahkan ada yang menyebutkan jumlah yang turut berpartisipasi dalam membersihkan pantai kotor di Lampung ini mencapai 4 ribu orang.

Pantai Lampung ini disebut-sebut sebagai pantai kotor ke-2 di Indonesia. Kondisi ini membuat sejumlah penggiat lingkungan, seperti Pandawara bahu membahu bersama komunitas anak muda yang aktif menata kebersihan lingkungan.

Antusiasme warga dalam membersihkan pantai kotor mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat dan pemerintah untuk membersihkan kembali pantai yang ada di kota Lampung.

Bersama warga, mereka membersihkan pantai yang dikatakan sebagai pantai terburuk dan terkotor nomor 2 di Indonesia.

Pandawara mengajak pemerintah setempat dan warga untuk bergabung bersihkan sampah yang ada di pantai tersebut pada Senin 10 Juli 2023 dimulai pukul 07.00 WIB.

“Lokasi pantai terletak di belakang Puskesmas Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung,” demikian informasi dari Pandawara melalui Instagramnya.

Aksi Pandawara ini mendapatkan reaksi positif dari warganet. Menurut sejumlah warganet, aksi Pandawara dalam bersih-bersih sampah ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Zulfikar Akbar berkomentar, “Pandawara itu layak dapat hormat tinggi-tinggi. Mereka bisa gerakkan hampir 4 ribu orang untuk bersih-bersih pantai terkotor di Lampung.

Akun Twitter @TyasAru142**** turut berkomentar, “Ada yang nyediain makanan juga. Bener2 kerja sama semuanya. Inimah beneran pandawara grup ngebuktiin kalimat “Beri aku 10 pemuda, akan ku guncangkan dunia.”

Tentang Pandawara Group
Pandawara Group merupakan komunitas pemuda konten kreator yang sering tampil di media sosial saat sedang membasmi sampah. Mereka kini kembali beraksi di Kota Bandar Lampung.

Pandawara group sendiri terdiri dari lima orang anak muda konten kreator yang peduli pada kebersihan lingkungan. Mereka adalah Rafly Pasha (22), Agung Permana (22), Gilang Rahma (22), Muhammad Ikhsan (21), dan Rifki Sa’dulah (22).

Kelima anak muda itu adalah teman nongkrong yang berasal dari Provinsi Jawa Barat.

Nama Pandawara sendiri kabarnya merupakan inspirasi dari lima tokoh dalam pewayangan yang disebut dengan Pandawa anak Kunthi.

Aksi bersih-bersih Pandawara ini bermula sejak 2022. Mereka rajin mengupdate konten bersih-bersih sungai di TikTok. ***

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status