INTREND.ID Menjangkau wawasan baru

Pesawat Jatuh di Blora Jateng 1 Orang Dikabarkan Meninggal dunia

InTrend – Pesawat jatuh di Blora Jawa Tengah Senin malam 18 Juli 2022.

Kabar pesawat jatuh itu dikonfirmasi aparat kepolisian setempat.

Pesawat jatuh tersebut merupakan pesawat latih militer.

Satu orang dikabarkan meninggal dunia atas insiden ini.

“Dilaporkan ada 1 orang meninggal dunia, pesawat jatuh di tanah kosong di Desa Nginggil, Kab. Blora, Jateng di situ ada aliran Bengawan Solo dan banyak lahan pertanian,” demikian keterangan seorang anggota Polres Blora, Bripka Agus Susilo dikutip dari ElShinta, Selasa dinihari 19 Juli 2022.

Sementara itu ada keterangan lain dari Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy.

Menurut Kombes Pol Iqbal Alqudusy, pihak kepolisian masih melanjutkan pemeriksaan. Keterangan lanjutan nantinya akan disampaikan pihak TNI Angkatan Udara.

“Sementara tim masih ke TKP, selanjutnya nanti TNI AU yg memberikan keterangan, kita hanya membenarkan dan mengamankan TKP. kejadian ini belum pernah terjadi sebelumnya, kami membenarkan kejadian tsb,” kata Kombes Pol Iqbal Alqudusy.

Sementara itu, dari keterangan pihak TNI AU, diketahui pesawat jatuh merupakan pesawat tempur T50i Golden Eagle dari Skuadron Udara 15 TNI AU yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur.

INTREND lainnya

Sebelumnya, pesawat itu dilaporkan hilang kontak saat menjalankan latihan terbang malam.

“TNI AU kini tengah melakukan evakuasi dan pengamanan di lokasi jatuhnya pesawat tempur T-50i Golden Eagle di wilayah Desa Nginggil, Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama (Marsma) TNI Indan Gilang Buldansyah, dalam keterangan tertulis, Senin 18 Juli 2022 dikutip dari TVONE.

Pesawat Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun, yang diawaki satu penerbang. Pesawat jatuh dilaporkan mengalami kecelakaan saat melakukan latihan Night Tactical Intercept, Senin 18 Juli 2022.

Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah juga menerangkan, bahwa pesawat tail number TT-5009 take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB. Pesawat itu rencananya untuk melakukan latihan terbang malam.

“Selanjutnya pukul 19.25 wib, pilot masih melakukan kontak dengan flight director, namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak,” kata Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah.

Informasi yang dihimpun TNI AU dari aparat kewilayahan, dan masyarakat Nginggil, kecamatan Kradenan, Blora Jawa Tengah, terkonfirmasi adanya serpihan logam, yang diduga lokasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle. ***

INTREND lainnya

Tinggalkan komentar