INTREND.ID Menjangkau wawasan baru

Aksi Solidaritas Dunia dan Doa Untuk Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

INTREND.ID – Aksi solidaritas atas tragedi Stadion Kanjuruhan meruapkan rasa duka bukan mendalam bagi keluarga korban yang meninggal dunia.

Peristiwa tak terduga yang mencoreng sepakbola Indonesia di tahun 2022 itu pun menyisakan perasaan serupa dalam aksi solidaritas bagi seluruh pencinta sepakbola di Tanah Air dan bahkan seluruh dunia.

Aksi solidaritas pun bermunculan di pelbagai belahan dunia usai mengetahui setidaknya 125 orang tewas dalam kerusuhan usai pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu malam `1 Oktober 2022.

Para suporter klub sepakbola, termasuk Arema FC dan Persebaya Surabaya, telah mengucapkan belasungkawa. Pelbagai lapisan masyarakat Indonesia pun turut berduka atas peristiwa naas itu.

Satu aksi solidaritas dan doa bersama pun dilakukan pelbagai pihak. Tak memandanng warna bendera, asal usul, hingga kepentingan, ksi solidaritas bermunculan di mana-mana.

Di antaranya ditunjukkan oleh suporter Persib Bandung atau bobotoh dan suporter Persija Jakarta atau Jakmania.

Para suporter ini tak menunjukkan kekecewaan atas penundaan jadwal pertandingan kedua kesebelasan yang mereka idolakan. Persib Bandung vs Persija Jakarta tadinya akan digelar Minggu 2 Oktober 2022 namun batal digelar karena adanya tragedi Stadion Kanjuruhan Malang.

Di masing-masing wilayah para suporter kedua kesebelasan itu justru menunjukkan aksi simpatik mengenang korban tewas tragedi Stadion Kanjuruhan.

Para bobotoh Persib Bandung misalnya, menggelar renungan dan doa bersama di Taman Cikapayang, Bandung, Minggu malam 2 Oktober 2022.

Di jalan, para bobotoh Persib menyanyikan chant Arema FC.

Sementara The Jakmania menggelar aksi solidaritas dan doa bersama di Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

Di sana, suporter The Jakmania melakukan aksi 1000 Lilin dan doa brsama untuk korban Tragedi Stadion Kanjuruhan.

Solidaritas atas Tragedi Stadion Kanjuruhan juga berlangsung di hampir seluruh Indonesia yang menjadi basis suporter sepakbola, seperti Solo, Semarang, hingga Sleman.

Aksi solidaritas atas tragedi Stadion Kanjuruhan juga ditunjukkan oleh para pemain dan pencinta sepakbola di belahan dunia lain. Di antaranya oleh pemain dan suporter tim dalam kompetisi La Liga Spanyol.

“Satu menit mengheningkan cipta akan dilakukan di seluruh pertandingan #LaLiga sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi yang terjadi di Indonesia kemarin,” demikian tulis akun Twitter LaLiga.ID, 2 Oktober 2022.

Klub Barcelona juga menyatakan duka cita mendalam atas peristiwa kelam di Stadion Kanjuruhan.

Simak:  Sadio Mane Terima Socrates Award Pertama Dalam Sejarah Sepakbola

FC Barcelona melalui akun Twitter @FCBarcelona_cat menuliskan, “El FC Barcelona se suma al dolor per la tragèdia a l’estadi de Kanjuruhan a Indonèsia i rebutja qualsevol acte de violència dins i fora dels estadis. Un sentit record per a les víctimes i els seus familiars.”

Bahkan secara khusus, Sergio Ramos mantan pemain bintang sepakbola Spanyol melalui akun Twitternya @SergioRamos menuliskan turut berduka cita atas insiden Stadion Kanjuruhan Malang Indonesia

“Heartbreaking. Our thoughts are with the victims and their families.”

Di Jerman, klub Bayern Munich turut menyuarakan duka cita atas tragedi Stadion Kanjuruhan Malang Indonesia.

FC Bayern Munich melalui akun Twitter @FCBayernEN menuliskan, “FC Bayern is deeply saddened by the tragedy at the Kanjuruhan Stadium in Indonesia and rejects all acts of violence. Our heartfelt thoughts are with all those affected.”

Leicester City melalui akun @LCFC menuliskan simpati dan duka cita atas peristiwa di Stadion Kanjuruhan Malang.

“We are deeply saddened by Saturday’s tragic events at the Kanjuruhan Stadium in Indonesia. The thoughts of everyone at Leicester City Football Club are with all those affected at this sad time,” tulis akun Leicester City, 2 Oktober 2022.

Begitu pula dengan dua Tim Inggris lainnya, yaitu Manchester United dan Liverpool FC. Masing-masing mengungkapkan duka cita dan bersimpatik terhadap tragedi Stadion Kanjuruhan Malang Indonesia.

Manchester United melalui akun Twitter @ManUtd menuliskan, “Manchester United is deeply saddened by the tragedy in Malang, Indonesia. We send our sincere condolences to the victims, their families, and everyone affected.”

Sementara Liverpool FC melalui akun Twitter @LFC menuliskan, “We are deeply saddened to hear of the events at Kanjuruhan Stadium, Malang, Indonesia. The thoughts of everyone at Liverpool Football Club are with all those affected at this time.”

Michael Owen bintang sepakbola Inggris turut berduka atas tragedi Stadion Kanjuruhan. Melalui akun Twitter @themichaelowen, Michael Owen menuliskan, “Horrendous news coming out of Indonesia about the events at the Kanjuruhan stadium in Malang. My thoughts are with everyone affected.”

Sementara itu Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia atu YLBHI membuka posko bantuan hukum bagi korban dan keluarga korban dalam tragedi Stadion Kanjuruhan Malang.

Simak:  Belajar Tentang Martabat Dari Film 14 Blades

“Kami membuka posko bantuan hukum bagi korban dan keluarga korban yang membutuhkan bantuan hukum atas Tragedi Stadion Kanjuruhan, 1-2 Oktober 2022,” demikian tulis YLBHI, 2 Oktober 2022.

Ada pandangan umum dari pakar hukum Yusril Ihza Mahendra terkait insiden Stadion Kanjuruhan Malang.

Yusril Ihza Mahendra turut berduka cita atas peristiwa tersebut.

“Saya pribadi dan keluarga menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas tragedi kemanusiaan yang memakan korban jiwa yang tidak sedikit ini. Kami berdo’a ke hadirat Allah YMK agar kejadian seperti ini takkan terulang lagi di masa-yang akan datang,” tulis Yusril Ihza Mahendra melalui akun Twitternya, Minggu 2 Oktober 2022.

Menghadapi kasus Kanjuruhan, Yusril mengajak warga masyarakat agar berpikir rasional dalam memandang sesuatu, termasuk dukung-mendukung dalam kegiatan olahraga.

Menurut Yusril, fanatisme berlebihan dalam mendukung suatu klub berpotensi membuat orang kehilangan rasionalitas dan kejernihan berpikir.

“Kita wajib sayang-menyayangi terhadap sesama, jangan sampai terjadi korban, apalagi korban jiwa. Teringatlah saya kepada pesan Al Qur’an: Barangsiapa membunuh/menybankan kematian satu jiwa, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia,” tulis Yusril.

Sebaliknya barangsiapa menyelamatkan satu jiwa, maka seakan-akan dia telah menyelamatkan semua manusia. Jiwa manusia sangatlah berharga, siapapun dia. Jangan sampai ada satu jiwa melayang karena hal yang sia-sia.

Selain itu, Yusril Ihza Mahendra juga menilai bahwa negara dan alat-alatnya juga berkewajiban mencari cara-cara yang efektif untuk mengendalikan massa dan meredakan ketegangan agar jangan sampai berubah menjadi kerusuhan yang menelan korban jiwa dan kerugian harta benda.
“Negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia,” tulis Yusril.

Menurut Yusril, mengingat tragedi banyaknya korban yang meninggal dalam insiden ini, dirinnya menyarankan agar Komnas HAM segera melakukan penyelidikan apa penyebab jatuhnya korban yang begitu banyak.

“Apakah terdapat kesalahan atau tidak pada aparat keamanan dalam mengendalikan situasi peristiwa itu,” tulis Yusril Ihza Mahendra.

Yusril juga menuliskan doa dalam Twitternya.

“Ya Allah, lindungilah setiap jiwa bangsa ini dari kematian yang sia-sia. Berikanlah keselamatan lahir & batin kepada bangsa ini. Jadikanlah bangsa ini bangsa yang rasional dan cita damai. Jauhkanlah dari segala kebencian, konflik dan dendam yang hanya akan membawa malapetaka.” ***

Baca Artikel lainnya di Google News.

Tinggalkan komentar