INTREND.ID Menjangkau wawasan baru

BMKG Denpasar Sebut Gempa Terkini Bali 3,7 SR Tidak Berpotensi Tsunami

InTrend.ID – Info BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika sebut gempa terkini Bali terjadi Senin 25 Juli 2022.

Kekuatan gempa terkini Bali itu 3,7 SR. Menurut BKMG dalam laporan tertulis, gempa Bali tidak berpotensi tsunami.

Gempa Bali terasa di wilayah Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Gempa bumi tektonik terjadi Senin sore pukul 17.09 WITA.

Analisis BMKG nyatakan bahwa gempa dengan kekuatan M 3,7 skala richter (SR) episenternya terletak pada koordinat 8,76° Lintang Selatan-115,28° Bujur Timur.

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 7 km timur laut Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 11 km,” kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho.

Cahyo Nugroho menambahkan, gempa yang terjadi Senin sore termasuk jenis gempa dangkal. Gempa adalah akibat aktivitas sesar mendatar (strike slip fault) di dasar laut.

Dampak gempa berupa guncangan dirasakan di wilayah Denpasar, Kuta, Jimbaran, Kabupaten Gianyar hingga Klungkung.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa ini,” kata Cahyo Nugroho dalam siaran resmi BMKG Denpasar.

Cahyo Nugroho juga sampaikan bahwa pemodelan tsunami dengan sumber gempa tektonik menunjukkan bahwa musibah ini tidak berpotensi tsunami.

INTREND lainnya

BMKG Wilayah III Denpasar juga menyebut tidak adanya aktivitas yang menunjukkan tanda-tanda terjadinya gempa susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” papar Cahyo Nugroho.

Sejumlah netizen mengkonfirmasi adanya gempa Bali tersebut.

Orchita Wardhani sebutkan, “Pantesan min, kerasa banget di sini.”

Akun Etitik3 Translate Tweet @JSuprij*** juga sampaikan hal serupa, sekitar pukul 19.00 WITA.”Berasa Denpasar Barat Tegal Harum,” cuitnya di Twitter. ***

INTREND lainnya

Tinggalkan komentar