INTREND Siber

Rizal Ramli Meninggal Dunia di Usia 69 Tahun

INTREND.ID – Innalillahi wa innailaihi raajiun. Selasa, 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB, ekonom senior Rizal Ramli meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, dalam usia 69 tahun.

Rizal Ramli mengembuskan nafas terakhirnya di RSCM pada pukul 19.30 WIB setelah sekitar satu bulan menjalani perawatan di sana. Menurut keterangan dari stafnya, Rizal Ramli telah berjuang melawan sakitnya selama sebulan terakhir.

Kabar duka ini dibenarkan oleh staf Rizal Ramli yakni Tri Wibowo Santoso. Ia mengatakan bahwa tuhan memiliki kehendak lain, sehingga Rizal Ramli akhirnya wafat di usia 69 tahun.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” demikian pesan dari staf Rizal, Tri Wibowo Santoso.

Rizal Ramli merupakan sosok politikus senior Indonesia yang pernah menjabat sejumlah posisi strategis dalam pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada Kabinet Kerja Jokowi-JK tahun 2015-2016.

Sebelumnya, Rizal juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kepala Bulog di bawah kepemimpinan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

Sepanjang karier politiknya, Rizal dikenal sebagai sosok yang sangat vokal dan kritis, baik terhadap kebijakan pemerintah maupun kondisi sosial politik Indonesia pada umumnya. Sebagai akademisi dan intelektual, Rizal sering tampil memberikan pandangan-pandangannya terkait isu aktual negeri ini.

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954. Ia tumbuh menjadi aktivis sejak masih menjadi mahasiswa.

Kabar duka kepergian Rizal Ramli juga dibenarkan oleh juru bicara Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya. Menurut Mustofa, Rizal meninggal dunia pada pukul 19.30 WIB di RSCM setelah sekitar 2 jam ditangani tim medis.

Rizal Ramli meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak, yaitu Dhitta Puti Sarasvati Ramli, Dipp Satria Ramli, dan Daisy Orang Ramli. Selain itu, Rizal juga meninggalkan dua orang cucu, Anabel Asmara Ramli dan Anakin Lazuardi Ramli.

Dalam pesan keluarga yang dikutip media, disebutkan bahwa Rizal juga meninggalkan menantu, yaitu Fandra Febriand, Dina Arumsari, dan Daniel Kirschen.

Jenazah Rizal Ramli rencananya akan disemayamkan di rumah duka pribadi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Setelah itu, jenazah akan dimakamkan sesuai rencana keluarga.

Kelurga Rizal Ramli memohon maaf atas segala kesalahan Almarhum selama hidupnya. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan doa dan dukungan selama ini.

Kepergian Rizal Ramli merupakan duka bagi bangsa Indonesia. Ia telah banyak berjasa dan memberikan kontribusi bagi negeri ini melalui berbagai posisi strategis yang pernah diembannya. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status