INTREND.ID Menjangkau wawasan baru

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Tewas Ditembak

InTrend – Kabar duka datang dari negara Jepang usai Shinzo Abe Tewas karena penembakan, Jumat 8 Juli 2022.

Dari laporan NHK Jepang, mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah meninggal dunia.

Pejabat senior Partai Demokrat Liberal mengatakan Shinzo Abe telah meninggal di rumah sakit tempat dia menerima perawatan.

Shinzo Abe meninggal dunia usai insiden penembakan di Jepang. Kabar ini mengguncangkan dunia sekaligus para delegasi dalam ajang G20.

Duka mendalam dan kecaman terhadap pembunuhan Shinzo Abe mengalir dari penjuru dunia.

Pelaku penembakan telah diketahui sebagai seorang mantan anggota Angkatan Laut Jepang. Pelaku menggunakan senjata rakitan.

Kronologi

Kejadian itu berlangsung di stasiun kereta. Seluruh orang yang hadir mendengar adanya tembakan keras sekitar pukul 11.30 siang waktu setempat.

Terdengar 2 kali suara tembakan dari sudut lain. Lalu terlihat jelas kepulan asap dari tembakan yang dilepaskan dua kali oleh pelaku.

INTREND lainnya

Pasukan pengamanan langsung melakukan penangkapan usai mendengar suara tembakan pertama kali dan Langsung meringkus pelaku.

Dari beberapa rekaman tampak deberapa saat sebelumnya pelaku berjalan mendekati Shinzo Abe dari belakang. Pelaku melepaskan tembakan dari senjata rakitan.

Pelaku diketahui bernama Tetsuya Yamagami. Pria yang menembak Shinzo Abe ini berusia 41 tahun. Dia diketahui merupakan mantan anggota Angkatan Laut beladiri Jepang selama 3 tahun.

Dia merupakan warga kota Nara. Dia berhenti kerja sejak tahun 2005. Senjata rakitan yang dibuatnya menjadi tanda tanya besar karena perolehan senjata api di Jepang sangat ketat dan diatur undang-undang tentang senjata api di Jepang. Sehingga untuk mendapatkan senjata api.

Shinzo Abe langsung jatuh tak sadarkan diri akibat penembakan tersebut. Sejumlah orang nampak memberikan pijatan jantung karena Shinzo Abe alami kondisi henti jantung.

Tim medis lalu melarikannya ke rumah sakit Universitas Kedokteran Nara. Sejumlah sumber menyatakan Shinzo Abe sempat berbicara beberapa menit setelah penembakan. Namun setelah itu hilang kesadaran

Menurut Rumah Sakit Universitas Kedokteran, dokter berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan Shinzo Abe. Namun dia dinyatakan meninggal sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Shinzo Abe mengalami pendarahan akibat luka dalam dari tembakan. Salah satunya berada di sisi kanan leher.

Saat tiba di rumah sakit, dokter tak mendeteksi tanda-tanda vital. Abe juga menerima 100 unit transfusi darah dalam 4 jam karena pendarahan akibat luka di jantungnya.

Shinzo Abe merupakan perdana menteri yang pernah menjabat di Jepang dan dia meninggal dunia di usia 67 tahun.

Respon Penembakan Shinzo Abe
Sejumlah pejabat negara memberikan respon terkait insiden penembakan Shinzo Abe yang berakibat Shinzo Abe tewas atau meninggal dunia.

Antara lain dari sejumlah menteri luar negeri yang sedang menghadiri pertemuan G20.

Menlu Jepang singkat dengan cepat ia tak merespon hujan pertanyaan wartawan yang ingin mengetahui kondisi Shinzo Abe.

G20 merespon pembunuhan terhadap Shinzo Abe. Menlu Korea Selatan mengatakan tindak kriminal brutal tidak boleh ditoleransi dalam kondisi apapun. Dia juga katakan Presiden Korsel telah menyampaikan duka cita kepada keluarga dan rakyat Jepang.

Amerika Serikat juga menyampaikan duka cita mendalam kepada Jepang menyampaikan penembakan tersebut merupakan kabar yang mengejutkan sangat mengerikan Ia menyampaikan bahwa siswa merupakan Mitra luar biasa.

Presiden RI Joko Widodo juga menyampaikan belasungkawa terhadap meninggalnya Shinzo Abe.

“Allow me to extend our deepest condolences on the tragic demise of former PM Abe Shinzo of Japan. We will always remember his contributions in strengthening RI-Japan cooperation. May the family of PM Abe and the Japanese people be given strength in this difficult time,” kata Jokowi dalam bahasa Inggris. ***

Tinggalkan komentar