INTREND.ID Menjangkau wawasan baru

Ngeri-Ngeri Sedap Diusulkan Masuk Nominasi Piala Oscar 2023 Film Fitur Internasional

INTREND.ID – Film Ngeri-Ngeri Sedap terpilih untuk mewakili Indonesia pada Oscar ke-95 tahun 2023.

Perwakilan Indonesia Ngeri-Ngeri Sedap itu masuk dalam penghargaan Film Fitur Internasional Oscar 2023.

Film Ngeri-Ngeri Sedap diusulkan masuk nominasi Oscar untuk Kategori Film Internasional Terbaik.

Keputusan ini diambil oleh Panitia Seleksi Oscar Indonesia 2022 yang dipimpin oleh Deddy Mizwar, dengan anggota Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Keputusan itu diambil Senin 12 Septemer 2022 dalam pertemuan dan seleksi film oleh anggota komite berkumpul di Studio XXI di Plaza Senayan.

Ketua Tim Seleksi, Deddy Mizwar sampaikan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti ajang Oscar.

“Salah satunya adalah film yang sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut. Beberapa syarat lainnya termasuk yang mencakup ke persoalan teknis juga dijadikan pertimbangan,” kata Deddy Mizwar yang juga tokoh film nasional itu.

Adapun sejumlah syarat sebuah film untuk bisa masuk nominasi Oscar adalah film tersebut harus diputar di bioskop selama seminggu berturut-turut.

“Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film kita itu bisa berjaya di ajang oscar” ujar Deddy Mizwar, menutup rapat Senin dalam rilis resmi.

INTREND lainnya

Setiap tahun, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat.

Sebagian besar film berisi dialog non-bahasa Inggris.

Indonesia pernah mengirimkan perwakilan film di kategori The International Feature Film Award. Film itu adalah Nagabonar (1987) yang dibintangi Deddy Mizwar.

Nagabonar jadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Oscar sepanjang sejarah perfilman Tanah Air.

Penyerahan Oscar 2023 atau The 95th Academy Awards akan dilakukan pada 12 Maret 2023.

Saat ini Piala Oscar masih dalam proses kualifikasi.

Tentang Film Ngeri Ngeri Sedap
Ketika rilis, film Ngeri-Ngeri Sedap langsung menjadi hit yang mencapai 503.181 penonton hanya dalam seminggu.

Film Ngeri-Ngeri Sedap tayang tengah tahun 2022. Film ini menjadi film box office film Indonesia dengan perolehan lebih dari 3 juta penonton.

Penulis skenario dan sutradara Ngeri Ngeri Sedap adalah Bene Dion Rajagukguk.

Ngeri-Ngeri Sedap dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel.

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga Batak yang berjuang dalam menjaga keutuhan keluarga karena mereka tumbuh terpisah. ***

Baca Artikel lainnya di Google News.

INTREND lainnya

Tinggalkan komentar