Rilis

Lion Air Punya Fasilitas Baru City Check-in dan Mobile Check-in

InTrend.ID – Lion Air terus memberikan pengalaman perjalanan udara antara lain dengan layanan baru City Check-in dan Mobile Check-in. Layanan ini demi mempermudah calon penumpang untuk mempersiapkan rencana penerbangan.

Menurut Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, fasilitas ini tersedia di seluruh kantor penjualan (ticketing Sales Office). Antara lain Lion Air Tower Jakarta Harmoni, Surabaya, Malang, Makassar, Medan, Pekanbaru, Padang, Yogyakarta, Semarang, Banda Aceh, Pontianak, Solo, Batam dan kota lainnya, lebih lengkapnya dapat di cek melalui www.lionair.co.id .

“Lion Air Group senantiasa mengembangkan produk penerbangan baru sejalan komitmen dalam menyediakan cara yang cepat dan nyaman untuk check-in, serta bertujuan untuk menjaga setiap penumpang (para tamu) tetap aman saat bepergian menggunakan pesawat udara,” kata Danang Mandala Prihantoro melalui rilis, 19 Juli 2022.

Danang Mandala Prihantoro juga menjelaskan, ada beberapa keuntungan yang diperoleh calon penumpang melalui kemudahan city check in. Keuntungan tersebut antara lain

  1. Simpel, tanpa perlu antre di area check in counter bandar udara.
  2. Berlaku untuk penerbangan langsung dan tiket lanjutan menggunakan maskapai Lion Air Group.
  3. Layanan City Check-in tersedia selama 24 jam di Lion Air Tower Jakarta, untuk kantor penjualan yang lain sesuai dengan jam operasional.
  4. Bebas pilih tempat duduk (selama persediaan seat tersedia) tanpa biaya tambahan
  5. Pembelian kuota bagasi tambahan (prepaid baggage) maksimal 30kg per penumpang diskon khusus hingga 35%.
  6. City Check-in berlaku bagi calon penumpang yang akan melakukan penerbangan dengan prioritas tanpa bagasi, apabila calon penumpang membawa bagasi, maka saat di terminal keberangkatan wajib melaporkan kembali bagasi di counter check-in.

 Ketentuan melakukan proses City Check-in:

  1. Penumpang sudah menyiapkan seluruh syarat kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku
  2. Mempersiapkan dokumen seperti identitas resmi (KTP, paspor) dan lainnya yang diperlukan atau dibutuhkan.
  3. Penumpang diperbolehkan membawa bagasi kabin (cabin baggage) terdiri 1 (satu) personal item dengan berat maksimal 7kgukuran untuk bagasi pesawat jet 40cm x 30cm x 20cm serta bagasi pesawat propeller (baling-baling) 35cm x 30cm x 20 cm. Apabila membawa bagasi tercatat atau atau bagasi yang dititipkan (Checked Baggage), tetap harus melakukan pelaporan bagasi di check in counter.
  4. City check-indibuka 24 jam hingga 4 (empat) jam sebelum waktu keberangkatan.
  5. Penumpang yang sudah memilikiboarding pass dan tidak membawa bagasi tercatat atau bagasi yang dititipkan (checked baggage), dapat langsung menuju boarding gate tanpa harus cetak (print) boarding pass kembali di bandar udara.
  6. Penumpang harus berada di ruang tunggu(waiting room/ baording gate) 40 menit sebelum waktu keberangkatan sesuai jadwal yang tertera pada boarding pass.
  7. Harap melakukan konfirmasi ulang kepada petugas layanan diboarding gate mengenai aktual nomor ruang tunggu (gate) sesuai nomor dan jadwal penerbangan.
  8. Apabila terjadi perubahan jadwal terbang oleh pihak maskapai, penumpang harus melakukan pengecekan jadwal terbaru di website dan melapor kembali dicounter check-in terminal keberangkatan.
  9. City Check-indapat diwakilkan dengan cara membawa identitas valid dan masih berlaku bagi calon penumpang dan KTP pihak yang membantu untuk melakukan proses City Check-in.

Kemudahan Melalui Mobile Check-In

Dalam mempermudah proses perjalanan udara, Lion Air Group telah menghadirkan dan menyediakan fasilitas terbaru pada perangkat Mobile Apps untuk menawarkan kemudahan para tamu (calon penumpang) saat melakukan pelaporan mandiri (self check-in) sebelum keberangkatan.

“Layanan “mobile apps” terbaru yang memiliki keunggulan dengan nilai lebih “tak perlu repot-repot lagi melakukan check in di bandar udara serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean”, sehingga menambah pengalaman sebelum terbang atau “pre flight” yang akan melakukan penerbangan Lion Air Group,” kata Danang Mandala Prihantoro.

Anda bisa mendownload mobile apps saat ini. Aplikasi ini dapat digunakan pada platform OS Android pada Google Play Store dan iOS melalui aplikasi Apple Store.

Proses check-in lebih cepat, langkah praktis sebagai berikut

  1. Buka Mobile Apps dan pilih menu Online Check-in
  2. Masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) pada tiket yang terdiri 6 (enam) karakter yaitu 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) atas nama tamu yang akan melakukan penerbangan.
  3. Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang berbahaya atau tidak).
  4. Pilih “lanjut” (continue) untuk proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom).
  5. Proses check-in selesai.

Layanan mobile check-in dan city check-In, tidak tersedia untuk:

  1. Para tamu dengan jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking)
  2. Para tamu yang membutuhkan bantuan khusus di bandar udaraa misalnya; penumpang dalam kondisi hamil, Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya.
  3. Kategori bayi di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status